Tips

Mind Mapping: Solusi anti menghafal

Sahabat iM, ngaku deh disini siapa yang paling kesel kalau lihat buku full text? ditambah lagi musti ngafalin materi itu.. Waduh, kalau aku pribadi sih nggak kuat ya, malah bisa cepet rabun deh mata, heheh

Tapi ya, yang namanya mahasiswa, kuliah ya harus dan dituntut belajar, pahamin dan mengerti setiap jengkal materi yang sahabat iM dapet di kampus, apapun alasannya. Walau badai, hujan guntur, gempa bumi, hingga diputusin pacar (eitz…) tetep harus nyantol tuh pelajaran.

Terus gimana dong kalo dalam keadaan yang nuntut belajar, tapi kitanya mumet dan gak ada mood lihat tulisan yang banyak gitu? Wah berabe tuh..

Eitz, tenang.. disini aku mau ngenalin metode yang bakalan buat sahabat iM mudah dan gampang memahami materi mata kuliah sahabat iM.

—Yups… Mind Mapping—

Kayak judul diatas ni, alih-alih menghafal materi mata kuliah yang cuman nyantol di memori jangka pendek, memahami sesuatu itu bakalan dicatat di memory jangka panjang lhoo.. jadi kalian bisa inget lebih lama dan menyatu secara keseluruhan dengan apa yang sahabat iM pelajari (ceileeeh…)

Well, disini aku gak bakalan bahas menghafal, memahami, memory jangka pendek atau memory jangka panjang. Jadi kita bakalan lebih fokus untuk bahas mengenai apa itu Mind Mapping, cara kerja dan tips cara membuatnya..

Cekidot…

Mind Mapping atau peta pikiran adalah proses pencatatan kreatif yang mengandalkaan cara kerja otak melalui gambar dan asosiasi (penautan/pengkaitan)

Kunci utama dari pengertian Mind Mapping terletak pada bagaimana cara otak kita bekerja dan memori itu sendiri. Memori ingatan kita bekerja dengan saling mengaitkan satu informasi dengan informasi lainnya yang berhubungan. Otak kita akan mencari informasi yang dianggapnya penting dan akan  memerintahkan memory untuk menyimpannya sampai informasi itu dipanggil kembali.

Jadi, dari definisi Mind Mapping diatas yang terpenting adalah bagaimana informasi-informasi penting itu dirangkai dan dihubungkan agar dianggap “penting” oleh otak kita. Hal itu bisa melalui gambar atau keywords. Tapi buat sahabat iM yang susah gambar atau gak punya ide buat gambar, boleh deh pakai shapes, stiker atau potongan gambar yang sesuai sama topik yang dibahas. Boleh juga pakai spidol pulpen warna-warni biar menarik Mind Mapping-nya ya 🙂

Image result for mind mapping adalah

sumber: https://amfab.wordpress.com

Oke. Jadi ini contoh Mind Mapping buat sahabat iM  untuk mengenal dan memahami surat

Image result for mind mapping adalah

sumber: https://www.muhammadnoer.com

Ternyata Mind Mapping bisa juga untuk persiapan presentasi paper atau materi kuliah lho sahabat iM..

 

Image result for mind mapping adalah

sumber: http://www.ayeey.com

Naa Lhoo… yang ini ni, cucok  buat sahabat iM yang setiap harinya bergulat dengan rumus-rumus, dari pada ubrak-abrik buku cari rumus a halaman berapa, mending dibuat Mind Mapping kayak gini.. kan adem toh… 😀

Yeay.. pengertian udah tau, kegunaan dan cara kerja juga contohnya udah tau. sekarang yuk cari tau gimana sih caranya buat Mind Mapping. It’s simple just follow this tips… 🙂

  1. Siapkan buku/kertas putih dan tidak bergaris (ukuran disesuaikan dengan kebutuhan dan kedalaman topik yang akan dicatat)
  2. Siapkan pensil/pulpen/penghapus dan pensil/spidol warna
  3. Imajinasi, stiker atau potongan gambar yang relevan
  4. Buat Mind Mapping per topik atau bab (intinya 1 Mind Mapping fokus  membahas topik tertentu dan memberikan gambaran umumnya). Ini bertujuan untuk memberikan sahabat iM gambaran dan pemahaman yang tepat dari topik yang dipelajari.
  5. Buatlah judul ditengah-tengah buku/kertas
  6. Buat cabang/garis yang menjelaskan sub topik, sub sub topik hingga komponen kecil lainnya
  7. Cantumkan keywords yang menggambarkan cabang, sub topik, sub sub topik yang dibuat. Ingat ya pemilihan keywords harus singkat dan padat serta mengena ke tujuan
  8. Kalau sub topik atau sub sub topik yang akan dijelaskan panjang dan kompleks, sahabat iM bisa membuat Mind Mapping di lembar berikutnya, dengan menyantumkan keterangan di Mind Mapping sebelumnya.
  9. Yeay, sekarang tinggal diwarnai dan dikreasikan untuk  memperjelas dan lebih menarik hati. Tapi inget ya, kreasi yang dibuat nggak sampai ngebuat Mind Mapping yang dibuat jadi ruet dan gak pengen dibaca ya..:)
  10. Well, it’s finish..

 

Memang sih dengan Mind Mapping sahabat iM bakalan disuguhkan dengan satu dua kata untuk mengingat materi. Tapi percaya deh, melalui keywords yang sahabat iM pegang itu bakalan ngebuat sahabat iM jadi ingat dan dapat menceritakan tentang topik tsb..

Selamat mencoba dan good luck 🙂

Leave a comment